Jumat, 09 November 2012

BAB 5.MANAJEMEN DAN ORGANISASI


BAB 5.MANAJEMEN DAN ORGANISASI

1. PENGERTIAN MANAJEMEN DAN MANAJER
Definisi manajemen menurut Profesor Oei Liang Lee  adalah sebagai berikut :
Menejemen merupakan ilmu dan seni untuk merencanakan , mengorganisasikan , mengarahkan sebgaia sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telh ditetapkan semaksimum mungkin . Manajemen merupakan kegiatan pokok yang dilakukan seorang pimpinan karena dia menjabat sebagai manajer untuk mengelola input menjadi output melalui proses manajemen .
Jenjang manajemen dalam organisasi pada dasarnya dibagi menjadi 3 bagian .
  1. Top Manajer
  2. Midle Manajer      =       Jumlah Keputusan Pokok yang diambil
  3. Manajer Lini
2.FUNGSI MANAJEMEN
Fungsi merupakan pencirian dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang manager dalam mengelola perusahaan . Dimana secara garis besar fungsi manajemen dibagi menjadi 5 bagain :
  1. Planing
Planing adalah suatu fungsi pemilihan alternatif melalui suatu proses yang rasional untuk mengambil keputusan  terhadap objective perusahaan , policy , program maupun prosedur untuk memperbaikinya .
  1. Organzing (Pengorganisasian)
Fungsi Organizing adalah kegiatan dalam menentukan macam kegiatan beserta jumlah kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan maupun pengelompokan kegiatan-kegiatan beserta orang-orangnya yang sesuai dengan kegiatan yang disertai adanya pendelegasian wewenang . Ada empat bagian penting yang perlu diketahui dalam orgainizing :
  1. Staffing
  2. Delegation Of Authority
  3. Departementasi
  4. Personalia
  1. Directing
Directing atau pengarahan  ( = actuating = leading = commanding ) adalah kegiatan yang khususnya ditunjukkan untuk mengatasi dan mengarahkan bawahan sehingga seorang pemimpin secara manusiawi bisa mengikat bawahan untuk bekerjasama secara sukarela menyumbangkan tenaganya seefisien dan seefektif mungkin untuk mencapai tujuan organisasi . Ada dua hal yang bisa menunjang bawahan dapat bekerja lebih giat dan efektif yaitu komunikasi dan motivasi .
3.KORDINASI
Kordinasi adalah fungsi yang harus dilakukan seorang manajer agar terdapat suatu komunikasi atau kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiatan sehingga bisa tercapai tujuan organisasinya
4.Controlling (Pengawasan)
Fungsi Pengawasan mempunyai tiga kegiatan yang harus dilakuakan :
  1. Menetapkan standart yang dipakai
  2. Membandingkan pelaksanaan kegiatan dengan standart
  3. Melakukan Koreksi
3.ORGANISASI DAN PERILAKU KEORGANISASIAN
1. Pengertian Organisasi
Organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajeman yang dilakukan seorang pimpinan dengan organisasi yang tercipta diperusahaan yang bersangkutan . Jdi keberhasilan perusahaan tergantung pada organisasi yang dianut .
Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”
Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.”
Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
James D Mooney berpendapat bahwa “Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose” atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.
Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa “Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
Dari definisi dapat disimpulkan bahwa organisasi mencakup 3 elemen pokok .
  1. Interaksi Manusia
  2. Kegiatan yang mengarah pada tujuan
  3. Struktur Organisai itu sendiri
  1. POLA ORGANISASI
Pola organisasi dibagi menjadi dua bagian yaitu oraganisasi formal dan organisasi informal .
  1. Organisasi Formal
Adalah organisasi yang dibentuk secara sadar dan mempunyai tujuan tertentu yang disadari pula dengan menggunakan sistem tugas , hubungan wewenang , tanggung jawab maupun pertanggung jawaban dirancang oleh manajer agar pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan perturan yang telah disepakati bersama .
  1. Organisasi Nonformal
Adalah organisasi yang tercipta karena adanya hubungan antar pribadi yang secara tidak sadar terjadi keberadaannya tanpa didasarkan pada wewenang formal pada struktur organisasi maupun kesepakatan tujuan bersama
  1. Struktur Organisasi
Struktur Organisai yang dibentuk akan selalu berdasarkan pada 3 komponen organisai yaitu :
  1. Interaksi Kemanusiaan
  2. Keguata yang terarah pada tujuan
  3. Struktur
  4. Bentuk Organisasi
Bentuk Organisasi terbagi menjadi 6 golongan , yaitu :
  1. Organisasi Lini
-          Jumalah karyawannya sedikit
-          Selain top manajer , manajer dibawahnya hanya sebagai pelaksana
-          Sarana dan alatnya terbatas
-          Hubungan atasan dan bawahan langsung
-          Bentuk lini pada perusahaan perseorangan , pemilik perusahaan adalah sebagai top manajer
  1. Organisasi Fungsional
-          Organisasinya kecil
-          Didalamnya terdapat kelompok-kelompok kerja staff ahli
-          Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
-          Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
-          Pengawasan dilakukan secara ketat
  1. Organisasi Lini dan Staff
-          Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya secara langsung
-          Karyawan Banyak
-          Organisasi besar
-          Ada dua kelompok kerja dalam organisasi sehingga ditekatkan adanya spesialisasi . a. Personel lini dan b. Personel Staff
  1. Organisasi Fungsional dan Lini
-          Tidak tammpak adanya pembedaan tugas pokok dan bantuan
-          Spesialisasi praktis pada pejabt fungsional
-          Pembagian kerja dan pelimpahan wewenang tidak membedakan perbedaan tingkat eselon .
  1. Organisasi Matrik
Merupakan organisasi manajemen proyek yaitu organisasi dimana penggunaan struktur organisasi menunjukan dimana para spesialis yang mempunyai keterampilan dimasing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan lgi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus diselesaikan .
  1. Organisasi Komite
-          Executive Commite (Pimpinan Komite)
Yaitu para anggotanya mempunya wewenang lini
-          Staff Commite
Yaitu orang-orang yang hanya mempunyai wewenang staff
   KESIMPULAN :
  1. Manajemen adalah proses merencanakan,mengorganisasikan,memimpin,dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi yang telah tersedia.
  2. Manajer adalah orangg yang bertanggung jawab dalam menjalankan proses manajemen.
  3. Perbedaan manajemen dan manajer adalah jika manajemen adalah ilmunya sedangkan manajer adalah pelaku manajemen.
  4. Berdasarkan jenjangnya manajemen terbagi atas 3 tingkatan : manajemen puncak, manajemen menengah,dan manajemen bawah.
  5. Fungsi manajemen terbagi menjadi 5 : planning,organizing,directing,coordinating,dan controlling.
  6. Organisasi adalah sekelompok orang atau lebih yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati.
  7. Pada organisasi terdapat pola yaitu pola organisasi formal dan informal.
  8. Struktur organisasi mencakup 3 komponen yaitu interaksi manusia,kegiatan yang terarah ke tujuan,struktur.
  9. Bentuk organisasi terbagi menjadi 6 : organisasi lini,fungsional,lini dan staff,fungsional dan lini,matrik,dan komite.
  10. Perilaku keorganisasian adalah penerapan tentang bagaimana dan mengapa orang berperilaku dalam organisasi kerja.Kerja kelompok dan Motivasi sangat menunjang dalam berperilaku organisasi.
Daftar Pustaka :
Widiyatmini.1996.Pengantar Bisnis.Jakarta.Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar